3/22/2017

Ayam goreng yang supel!

Aloha!


Belakangan ini, gara2 blog, gw jadi kepikiran apalagi ya yang kira2 gw seneng dan pantes buat gw tulis di blog?. gw bukan run out of idea. Gw emang random. Seperti celana dalam a.k.a undies, blog lo gak bisa diintervensi sama siapa2. Blog lo, konten lo. Cd lo, motif pilihan lo. Period.

Maka dari itu, kali ini gw mau bagi resep cetek lagi. Kali ini, Ayam Goreng Supel.

What?. Supel?. Maksud gw supel adalah ayam goreng ini universal banget. Bisa dimakan sama nasi atau mi, sambelnya bisa terasi, sambel ijo, atau saus botol. Unlike beberapa olahan ayam misalnya, ayam goreng krispi gak cocok sama sambel terasi kan?. Trus, ayam goreng lengkuas rasa2nya gak klop sama saus botol kan?. Nah, resep ayam gw ini cocok ama semua sambel dan bikinnya easy peasy!. Sok kita mulai!




Ayamnya kecil. Seekor gak sampe sekilo. Sekitar 700an gram lah. gw beli di kerfur. Pas banget buat bikin ayam goreng. Gw kalo masak ayam, ayamnya gw siram pake air panas setelah gw buang lemak2 dan kulit2 berlebihnya. Selain bikin amis, lemaknya itu totally gak berguna buat gw dan seisi rumah yang makan ayam ini.

Bahan2nya selain ayam juga gampang banget




Buat yang gak keliatan, bumbu halus ;
😸 4 Siung Bawang
😹 Garam ½ Sdt
🙀 Kunyit 1 Cm
😿 Jahe 2 Cm




Cara bikinnya sambil salto juga bisa!. Haluskan semua bumbu, lalu masukkan di ayam. Tambahkan 3 Sdm minyak goreng dan tepung serbaguna. MAAFKAN TYPO NAMA TEPUNG DI GAMBAR YA.




Kalo sudah dicampur, biarkan ayam yang sudah di marinate selama 30 menit. Sejam malah lebih enak sih. Biar bumbunya lebih meresap. Kalo sudah didiemin gitu, dogoreng dah.

Kunci ayam goreng enak itu salah satunya ada di-teknik penggorengan. Kenapa ayam goreng di sari laut pinggir jalan itu enak biar kata minyak gorengnya sudah hitam sehitam kenangan bersama mantan?. Itu karena ayamnya di deep-fried. Mau ayam krispi, ayam bumbu, selama itu digoreng dengan minyak yang sedikit a.k.a tidak tenggelam alias deep-fried, rasanya gak akan sama. Kalo pake metode deep-fried, ayam bakalan tergoreng semua  bersamaan yang membuat ayam masak secara bersamaan. Jadi, lo Cuma goyang2in ayamnya sekali trus udah diangkat. Gak seperti goreng ayam dengan minyak sedikit, separuh bagian ayam gak tergoreng, sementara pada sisi lainnya tergoreng, dan itu bakalan ngaruh ke tekstur ayam itu sendiri. api juga set di medium. gak terlalu besar gak terlalu kecil, biar ayamnya mateng sempurna. Badaaah. Teorinyaaa. Hahaha. ini pengalaman gw aja ya.





ini ayam yang udah gw jadi. Gampang kan?. Enak banget dimakan sama nasi putih panas ngebul dan sambelnya, suka2 lo. Itadakimasu!

See ya di resep gw yang lain!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar