3/20/2017

Pretty basic : Resep martabak manis males

Aloha!

Kali ini gw mau bagi resep martabak manis paling gampang sejagad raya. Kenapa gw kasih nama martabak males, karena emang bahannya gampang didapat dan cara bikinnya juga sambil tutup mata bisa lah. kalo yang emang punya hobi masak dan alat tempur masaknya lengkap, pasti bahan2 segini mah cetek. Bukan berarti gw males bikinnya yaaa. Tapi emang buat orang males nyari2 bahan, resep ini pas banget. This is pretty much the basic of martabak manis. Here we go!


Ini dia bahan2nya. Gampang kan?


Kalo gak keliatan digambar ;

😸 200gr Tepung terigu
😹 3Sdm Gula pasir
😺 3Sdt Susu bubuk
😻 1 Sdt Ragi, 1 Sdm Margarin, 1/2 Sdt Vanilli
😼 350 Ml Air
😽 Matcha block, Cokelat block, Keju sesuai selera.

Gw bikin martabak ini karena si abang request minta dibuatin martabak pas liat di facebooknya ada yang share resep martabak mini. Gw liat bahan apa yang ada, jadilah resep martabak manis males ini. Resep ini bisa jadi premium kalo di adonan tepungnya dipakein keju parut, bubuk matcha, kopi, atau apa aja sih.
Pertama2, campur semua adonan. Kalo ada mixer bagus banget. Kalo gak ada, campur pake sendok aja, tapi nanti abistu disaring biar adonannya smoooooooooth dan gak ada adonan yang masih menggumpal.


Kayak gini penampakan adonannya


Kalo udah set seperti gambar, diemin 30 menit sebelum dipanggang diatas teflon. Berhubung dirumah gw teflonnya kecil banget (teflon pancake) jadinya ya martabak mini.
Kalo udah 30 menit, panasin teflonnya diatas api yang keciiiiil banget, olesin dengan margarin atau minyak, trus tuangin adonan sesendok sayur ukuran medium. Adonannya diputer pas diteflon yaaaa. Biar pinggirannya krispi kayak martabak manis abang2 dipinggir jalan itu. Diemin sebentar, trus tutup.


Udah diatas teflon. Nanti adonannya bakalan berongga begini


Kalo udah mulai mateng, taburin cokelat, matcha, atau keju parut diatas martabak manis (gambar atas sebelah kanan). Sebelum ditaburin topping, bisa banget ditaburin gula dulu. Tapi berhubung topping gw udah manis, jadi gw skip gula pasirnya. 

Tutup sekitar 10-15 detik, martabaknya udah siap diangkat!. Pelan2 sendok dari pinggir pake spatula sampai martabaknya bisa keluar mulus dan gak robek. Kalo sudah, ditata di piring


Ta daaa!! Kalo pake susu lengket cokelat sama putih jadi enak bangett!!


Enaknya bikin martabak manis males ini, gak ada skil masak apa2 yang diperlukan. Gak ada trik khusus karena rongga martabaknya udah dibikin sama ragi instant. Kalo mau buat yang pro, ragi diganti ama baking soda dan triknya jadi banyak banget!. Googling deh. Mesti ada telurnya juga. Gw pernah bikin dan mungkin suatu saat bakalan gw share karena emang enak bangeeeeeet!!. Tapi kalo bahan kamu tipis dan pingin banget makan martabak manis, resep ini bisa jadi alternatif banget.


Selamat mencoba! Ahoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar