3/18/2017

Heaven in a bowl, CODAS a.k.a Coto Daeng Sirua Makassar, a sincere review from meat junkies :*

Aloha!

Kemarin, abang* gw bilang kalo doski gak enak badan. Gw inisiatif ngajak abang makan coto Makassar. Bukan coto sembarang coto, ini Codas beb!. To be honest, ini adalah reviu termenyenangkan gw selama gw nulis review receh. Lol


Ini penampakannya. coto gw merah gara2 cabe. jangan ditanya, sambel Codas asli cabe!

Dun dun! Dari gambarnya aja udah berasa kan aromanya sampe sana?. Baru kemarin gw makan tapi sekarang udah pingin lagi. Seriusan, Codas ini enak banget!. Coda stand for “Coto Daeng” dan Codas mean “Coto Daeng Sirua”. Nama alamat dimana coto ini ada, Jalan Daeng Sirua no 10, Makassar. tempatnya cozy, gak panas dan terang. gw gak suka makan di tempat yang lampunya dimmed.

Biasanya kalo kita makan coto, kuahnya butek kan?. Kalo di Codas, kuahnya warna putih. Gurih banget dah. Somehow gw masih bisa rasain serat2 lengkuas halus di kuah cotonya.  Kalo makan Codas berasa lagi makan coto buatan mama yang selalu mama masak tiap kita kumpul sekeluarga rayain Ied Adha di Denpasar. Jadi, kalo makan Codas emang berasa makan coto “beneran”. Kalo di dunia ini gak ada yang namanya High Desity Lipoprotein a.k.a HDL a.k.a kolestrol jahat, percayalah! Gw tiap hari makan Codas. Mengingat coto basicnya adalah daging sapi dan jeroan, gw gak anjurin makan sering2. Terutama buat kalian yang jarang olahraga (KAYAK GW *wink*). Meskipun rasa coto ini HEAVENLY SEKALEEEE.

Kalo makan Codas, gw selalu pesan custom, Cuma pake babat dan paru. FYI, makan coto di Makassar gak mesti ikutin menu yang udah jadi paten dalam dunia per-coto-an. Bisa banget kalo kita ordernya sesuai sama apa yang kita doyan. Misalnya abang kurang begitu into babat, doski makannya paru dan jantung. Gw kalo makan coto, irisan daun bawangnya selalu gw banyakin. gw masukin literally 2 sendok makan irisan daun bawang. biar gak junkfood2 amat selain emang gw suka banget sama daun bawang.

Coto gak bisa pisah dari ketupat, ketupat di Codas ini serius banget! Maksud gw, ketupatnya bener2 dibuat dari daun pandan tebal dan ketupatnya montok2. Seperti cotonya, ketupatnya seperti buatan rumah, yang sengaja dibikin enak.

Semangkuk codas dihargain 16.000. kalo makan berdua asal gak ngambil tetek bengek, gak sampe 50.000 lah. masih bisa terjangkau sama semua kalangan. Pas tempo hari awal bulan gw makan disitu, banyak banget anak SMA couple datang makan disana. Ketupat per-pcs-nya 2000 perak pemirsa! Sampe mabok ketupat juga boleh (asal bayar).


ini struk gw makan sama abang. Abang mah kalo makan coto banyak embel2nya

Buat lo yang lagi tipis duit tapi laper BANGET dan mau makan Codas dengan budget seminim2nya, gw ada teknik yang gak jarang gw lakuin kalo gw lagi makan disana. Jadi, gw pesan semangkuk coto PLUS SEMANGKUK KUAH gak pake isi2an. Kalo kuah aja, “GRATIS JI MBAK KALO KUAH JI” kata mbak codasnya. Kurang lebih artinya, “kalo kuah doang mah, GRATIS!”. Totalnya gw dapet 2 mangkuk kan?. Lumayan banget mangkuk yang gak ada isi2annya itu dipake makan ama ketupat. REPEAT AGAIN : KUAH CODASNYA AJA UDAH GURIH BANGET GENGS!. Cuma, kalo bisa jangan sering2. Malu. Hahaha!

Sayaang banget gw gak sempat foto bagian depan tempat makan coto ini. Google aja sih. Udah ada di maps juga. Jadi Cuma type “coto daeng sirua” mulai dari navigasi, gambar, jam buka tutup udah lengkap.


seperti biasa, abis makan, ditumpuk sendiri. Itu bekas makan lo lho. Seenggaknya ringanin kerja mbak2 ama mas2nya. Bersihin bekas makan lo sendiri gak bikin harga diri lo terluka kok 😎 


Yang bikin gw betah disini, kalo pas jam makan karyawannya, karyawan codasnya juga ikut makan sama kita. Mereka nyaru di pembeli. Bener2 makan semeja sama kita. Gw yang agak alergi dengan strata seneng banget liat yang ginian. Pas dateng sama mama dan adek, gw sibuk ngejek adek gw yang udah makan 3 mangkuk dan 4 ketupat, sementara mama ngobrol2 lepas ama karyawati Codas-nya. Bisa lo rasain deh gimana friendly-nya orang Makassar di codas ini.

Cumaaaaaaaaan. sayang banget Codas gak ada cabangnya. entah emang gak ada atau ada tapi gw gak tau. lalu, mungkin tempatnya bakalan lebih enak kalo lantainya lebih bersih lagi. yaaa bukan tanggung jawab pengelola sepenuhnya sih. yang makan kalo bisa jangan buang kulit ketupat dan tisu di lantai lah. lantainya UBIN lho. gak abis pikir gw sama orang yang buang sampahnya asal gitu aja. meh.

In the end, Codas is a whole packaged for the best coto you could get in Makassar.
Repurchase : AW YASS!
Rating : 9/10

see ya di review receh gw yang lain!

----------------------------------------------------------
*abang : istilah gw manggil teman lelaki gw karena kalo bilang pacar katanya gak boleh. nanti dosa! lol


Tidak ada komentar:

Posting Komentar